Langsung ke konten utama

Team Group Xtreem Dark 2x2GB Dual Channel Kit (4GB) 1066MHz C6 TXDD2048M1066HC6-D DDR2 RAM Review & Benchmark

 Assalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh,

Ketemu lagi sama Riza di sini. Artikel ini membahas RAM DDR2 dari Team Group (ya, lengkapnya Team Group Inc. belum Team seperti namanya jaman sekarang) yang mempunyai speed rating 1066MHz namun menurut sebuah thread di overlock.net menunjukkan bahwa RAM Xtreem Dark yaang 800MHz saja capable untuk mencapai 1200MHz. Ya, 1200MHz di konfigurasi 2x2GB yang biasanya hanya dapat dicapai oleh RAM DDR2 dengan konfigurasi 2x1GB. Bahasan di sini saya usahakan sedalam mungkin namun terbatasi oleh kemampuan motherboard saya yang cupu.

PHOTO

RAM ini merupakan ukuran low profile tanpa heatsink besar sebagaimana RAM DDR2 high-end lainnya.

Saya mendapatkan RAM ini dengan kondisi BNIB, namun sepertinya packagingnya pernah dibuka. Mengingat umur RAM ini yang sudah 12 tahun, kondisinya bisa dibilang perfect.

DEFAULT TIMING CONFIGURATION

Spesifikasi timing sangat standar karena tidak terbaca jika diperiksa menggunakan AIDA64. Hal ini dikarenakan RAM DDR2 tidak mempunyai XMP Profile.

VIDEO

Hasil benchmark ini merupakan dokumentasi pengujian dari video tes RAM ini di channel Youtube saya.

TEST BED

Saya akui, motherboard yang saya gunakan sebagai test bed memang tidak layak, namun, here we goes.

  1. Motherboard: Gigabyte GA-G41M-Combo
  2. CPU: Intel Core 2 Extreme QX9650
  3. Cooler: Non-branded stock cooler
  4. Storage: Oscoo 128GB SATA-III SSD
  5. OS: Windows 7 SP1

BENCHMARK RESULTS

CPU 3GHz | FSB 1333MHz | RAM 1110MHz CL 6-6-6-18

Saya hanya dapat mencoba sekali di speed ini sebelum motherboard ini sepertinya menyerah dan mengembalikan setting ke 800MHz default. Sepertinya write bandwidth mentok di 7GB/s di FSB 1333MHz

CPU 3GHz | FSB 1333MHz | RAM 800MHz CL 5-5-5-15

Tes ini saya jalankan keesokan hari setelah tes di atas, ketika video dimuat. Ternyata motherboard menyerah dan memutuskan jalan di 800MHz.

CPU 3.66GHz | FSB 1333MHz | RAM 800MHz CL 4-4-4-11

Akhirnya saya putuskan untuk meningkatkan multiplier CPU ke 11x dan mengetatkan timing. Untuk menaikkan bandwidth write dan copy, FSB harus dinaikkan namun motherboard ini bukanlah motherboard untuk overclock sehingga hanya CPU saja yang bisa dinaikkan speednya. Jaman dulu, motherboard apapun bisa dipakai untuk mengganti multiplier CPU tidak seperti jaman sekarang sehingga masih ada penyelamat di sini walaupun kecepatan write mentok di 7GB/s.

KESIMPULAN

Sebelum membeli RAM ini, pastikan motherboard Anda kuat dioverclock jika tidak akan menjadi percuma membeli RAM ini. RAM ini benar-benar mantap jalan di 800MHz dengan CL 4. CL 3 sudah saya coba dan gagal. Good look mencari RAM ini di pasaran sekarang. A very good buy.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kingston OM8PCP3512F-AB 512GB SSD Review & Benchmark

    Assalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh, Kali ini saya akan menyajikan hasil benchmark SSD dari Kingston yang merupakan SSD OEM. Test bed untuk pengujian ini adalah laptop Asus TUF Gaming FA506IV yang bisa kalian tonton reviewnya  di sini  atau bisa berlanjut menyimak hasil benchmark SSD ini di bawah. PHOTO  Tidak ada yang istimewa dari desainnya, standar M.2 2280. VIDEO SSD ini merupakan unit yang saya ulas dengan  Asus TUF Gaming FA506IV  yang ada di channel saya: CRYSTALDISKINFO BENCHMARK RESULTS AS SSD | BANDWIDTH | 1GB AS SSD | IOPS | 1GB AS SSD | BANDWIDTH | 3GB AS SSD | IOPS | 3GB AS SSD | BANDWIDTH | 10GB AS SSD | IOPS | 10GB CRYSTALDISKMARK | BANDWIDTH | 5x2GB 0 DELAY CRYSTALDISKMARK | IOPS | 5x2GB 0 DELAY CRYSTALDISKMARK | BANDWIDTH | 1x8GB CRYSTALDISKMARK | IOPS| 1x8GB CRYSTALDISKMARK | BANDWIDTH | 1x16GB Kecepatannya untuk file besar lumayan. CRYSTALDISKMARK | IOPS | 1x16GB CONCLUSION Sangat jauh tertinggal dibandingkan Samsung PM981 tapi jauh lebih baik dibandi

WDC PC SN730 512GB SDBPNTY-512G-1101 SSD Review & Benchmark

 Assalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh, Artikel benchmark  SSD dari WDC ini adalah dokumentasi hasil benchmark dari video review Lenovo Legion 5i di channel Youtube saya. Kapasitas SSD yang saya uji adalah 512GB yang pendeknya kecepatannya terbatasi kecepatan PCIe 3.0 4x. Hasil benchmark yang saya tampilkan di sini tersedia juga untuk performa IOPS. SSD ini memiliki performa > 5x lipat SSD SATA Oscoo yang sebelumnya saya benchmark. SPECIFICATION WDC PC SN730 SDBPNTY-512G-1101 Sequential Read/Write (MB/s) 3,400/2,700 Random Read/Write IOPS Up to 460/400K Form Factor M.2 2280 Interface NVMe Gen3 X4 Endurance 300 TBW Link ke website resmi PHOTO Tidak ada yang istimewa dari desainnya, standar M.2 2280. VIDEO SSD ini dites di laptop Lenovo Legion 5i yang saya uji di video ini. BENCHMARK RESULTS AS SSD | BANDWIDTH | 1GB AS SSD | IOPS | 1GB AS SSD | BANDWIDTH | 3GB AS SSD | IOPS | 3GB CRYSTALDISKMARK | BANDWIDTH | 5x2GB 0 DELAY Pada saat pengambilan screenshot ini saya lupa mengg

Intel 660p 512GB SSDPEKNW512G8 SSD Review & Benchmark

 Assalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh, Kali ini saya akan menyajikan hasil benchmark SSD dari Intel yang mungkin jangan Anda beli, cukup baca atau jika memang bawaan laptop bisa disyukuri atau diganti. Test bed untuk pengujian ini adalah laptop saya yang bisa kalian tonton reviewnya di sini atau bisa berlanjut menyimak hasil benchmark SSD ini di bawah. PHOTO  Tidak ada yang istimewa dari desainnya, standar M.2 2280. SPECIFICATION Tidak lengkap rasanya jika spesifikasi lengkap dari SSD ini tidak disajikan di sini.   Intel® SSD 660p Series (512GB, M.2 80mm PCIe 3.0 x4, 3D2, QLC) Essentials   Product Collection Intel® SSD 6 Series Code Name Products formerly Neptune Harbor Capacity 512 GB Status Launched Launch Date 03'18 Lithography Type 3D2 QLC Use Conditions PC/Client/Tablet