Sunday, October 30, 2016

Pilih Tiki, JNE, Kantor Pos, SiCepat atau J&T Ya?

Hai guys,

Gw yakin siapapun yang pertama kali mau kirim barang pasti bingung pilih yang mana, kecuali memang kalau di daerahnya ga ada pilihan lain selain Pak Pos hehehe... Dulu Pos ga ada saingannya, sekarang kalah sama JNE dan Tiki. Kebayang ga sih, lebaran sistem JNE sampe overload, di saat Kantor Pos sekarang malah jadi loket pembayaran listrik dan tagihan, core business-nya sampe dikesampingkan gitu ckckck... Yah memang kenyataannya pelayanannya jauh banget. Yo wes, ini dia pengalaman gw.

1. JNE
Yup, ini pilihan pertama gw untuk pengiriman. Pendek kata: Ga pernah mengecewakan. Urutan teratas untuk kirim di Jakarta dan ke Jakarta. Kayaknya satu-satunya yg ngetok malem-malem buat kirim barang hahaha... Tapi beneran sampe besoknya buat YES.

2. Kantor Pos
Kantor Pos urutan nomor 2. Harganya baru naik disamain denga JNE. Kayaknya satu kata ya, naik satu naik semua. Oia buat yang belum tahu, Pos Kilat Khusus itu ga same day lho ya, mending pilih Same Day tapi you know lah harganya melebihi JNE YES. Se-Jakarta 20 ribu saat JNE YES 18 ribu. Kebetulan yang gw kirim segede amplop. Minggu Kantor Pos agennya tutup bro, yang buka se-Jabodetabek cuma kantor utama aja jadi menempatkan dia di posisi 2.

3. Tiki
Tiki itu segrup sama JNE, yang punya kayaknya konglomerasi dia dia doang. Mungkin dipisah buat berkompetisi. Pengalaman gw kalau Tiki ga akan kirim hari Minggu. Gw pesen barang hari Sabtu pakai ONS, ditrackingnya sudah dikirim jam 17.21 tapi sampe Minggu ga ada kabar. Barang lain pakai JNE YES pesen dari lokasi yang sama sampe jam 16.00. Dulu pas Senin baru sampe. Ternyata ONS tetep ga ngirim hari Minggu.

4. SiCepat
Gw kenal SiCepat waktu nyobain JakartaNotebook, toko yang isinya barang aneh-aneh. Gw heran juga sih, sering liat barang-barang itu di Ebay, kok bisa ya mereka juga sama atau lebih murah dari Ebay punya. Kalo impor dari Hongkong atau Shenzen jatuh-jatuhnya mahal banget lho. Btw SiCepat memang masih baru, tapi untuk pengirimannya masih OK lah. Gw baru sekali pakai.

5. J&T
Kebetulan gw pernah pesen barang, yang kirim bilangnya pakai JNE tapi somehow dia kirim pakai J&T. Gw kira ga dikirim. Ini lucu nih, J&T kirim di dalamnya ada tanda terima Tiki. Gw pernah liat mobilnya di tol. Ga banyak yang bisa gw kasih komentas soal SiCepat karena di sekitar rumah ga ada.

Ok, sekian pengalam gw. Thank you.