Friday, October 21, 2016

OC Log 22 Oktober 2016 : i7 6700K 4.8Ghz DDR4 4133Mhz

Hai guys,

Kali ini gw akan sharing hasil OC gw. Berhubung kerjaan gw sangat sibuk di kantor dan baby gw lagi lucu-lucunya (yes, I am just having a baby boy), aktivitas blogging gw jadi sangat berkurang. Dan karena blog ini jadi tempat gw mencatat hobi gw, kali ini gw bakal sharing lanjutan OC gw sebelumnya.

Singkat cerita, komputer di kantor adalah komputer kantor (ya iya dong, masak pake komputer sendiri, rugi dong), dan komputer di rumah jadi penyaluran hobi. Kalo kita jarang pakai, maka pada waktu pakai maksimalkan, toh just info aja: komputer itu awet, ga perlu kuatir selama VGA ga di OC dan PSU ga kembung/konslet.

Soal OC, as you know, rig gw i7 Skylake, dan berkaca dari OC gw jaman tahun 2008-2009, OC itu aman. Bedanya gw udah punya CPU yang unlocked. Jadi ya setelah trial and error berkali-kali, akhirnya gw catat settingan ini:
Ya, gw ga OC dari BIOS. So far OC pakai Asus AI Tuner bawaan motherboard sangat excellent. Hasilnya ini dia:
Yang gw liat di sini:
  1. Kecepatan memory yang super tinggi harus ditunjang kecepatan cache CPU yang lebih kencang lagi. Menaikkan cache baru bisa menaikkan secara optimal. Sehingga DDR4 4133Mhz memiliki kecepatan sampai 2.25x dari DDR4 2133Mhz.
  2. Kenaikan frekuensi CPU sebesar 20 persen baru linear jika CPU ga throttling sama sekali, dan kalo kondisinya kaya gw yang non AC, suhu ruangan di Cibubur, ga akan naik sampai segitu, so far gw cek kenaikan frekuensi 20 persen, performance naik 14 persen. Mungkin berbeda kalau ruangan ber AC seperti di kantor gw yang bikin menggigil.
  3. Sekali lagi suhu, suhu, suhu mesti rendah agar tidak throttling. Skor Cinebench R15 gw sepertinya agak rendah karena throttling.
Sekian dari gw, barangkali ada yang mau komentar? Monggo.