Saturday, September 10, 2016

Team Xtreem Dark Pro DDR4 3333Mhz PC27000 Review: The 4000Mhz Monster!

Hai guys,

Kali ini gw mau sharing pengalaman gw lagi. Kali ini tentang overclocking, lebih spesifiknya adalah overclocking RAM.
Gw akan sedikit cerita tentang arsitektur komputer pada umumnya. RAM adalah singkatan dari Random Access Memory, yaitu memory operasional sebuah komputer sesudah CPU cache. CPU cache sendiri adalah memory utama perantara antara CPU register dan RAM, fungsinya menampung data-data yang sering diakses, sehingga tidak perlu terlalu sering mengakses RAM, yang kecepatannya jauh dibawah kecepatan CPU.
Berikut beberapa keuntungan menggunakan RAM kencang
  1. Eksekusi aplikasi yang membutuhkan proses data besar akan ter-boost. Kecepatan RAM menjadi factor penting pada proses encoding video yang menggunakan CPU. Karena sebagian besar proses encoding diproses oleh CPU daripada GPU.
  2. Contoh kedua adalah Word, Excel, Powerpoint, dan aplikasi untuk bisnis lainnya. Belum pernah kan menginsert 1 row di Excel di tengah-tengah 100 ribu data yang terdiri dari puluhan kolom lainnya yang tiap kolom formulanya dihitung secara dinamis? Nah, RAM kencang berguna untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut dengan cepat.
Back to main topic, jujur sebenarnya gw agak kaget dengan hasil ini karena gw menemukan 2 referensi dengan hasil yang ga terlalu menarik untuk RAM ini, yaitu berdasarkan review dari Tweaktown dan JagatOC yang hanya bisa meng-overclock RAM Team Xtreem Dark Pro DDR4 3333Mhz masing-masing sampai 3466Mhz dan 3733Mhz sehingga awalnya gw set mengikuti settingan dari JagatOC saja.
Kemudian hari ini gw dapati RAM ini dapat achieve sampai dengan 4Ghz, setting XMP di 1.37 volt di motherboard Asus Z170i Pro Gaming. Wow!
Berikut foto kemasan dari RAM Team ini:

Memory terinstall di PC, 1 keping lagi berada di bawah Cooler Master 212x Turbo:
Dan berikut hasil benchmark AIDA64:

Selanjutnya adalah hasil benchmark Geekbench 4 (klik untuk memperbesar)

Sekian dari saya, semoga temen-temen bisa memilih RAM terbaik yang diinginkan.

Update 30-10-2016: Frekuensi maksimal yg mampu diraih kit ini adalah 4133Mhz CL 18-18-18-39. Bandwidth yg dihasilkan sudah melebihi platform X99 dengan DDR4 2133Mhz Quad Channel, dengan catatan Cache Frekuensi CPU di 4800Mhz.