Monday, September 5, 2016

Pengalaman Berbelanja Komputer di Mangga Dua

Hai guys,

Gw mau sharing soal pengalaman belanja gw di Mangga Dua dalam 10 tahun ini (sejak 2006). Mangga Dua yang akan gw bahas adalah pengalaman belanja laptop, sama pengalaman rakit komputer, termasuk beberapa sejarah belanja di luar Mangga Dua.

Oke kita mulai bahas apa itu Mangga Dua. Mangga Dua merupakan suatu daerah di kawasan keluar Ancol dari tol dalam kota. Mangga Dua yang merupakan pusat komputer ada di Mangga Dua Mall dan terpusat di  Lt.4 dan Lt.5. Orion dan Dusit secara lingkungan lebih ke penjualan elektronik secara umum, gw pribadi beli laptop tahun 2006 di Dusit dan dapat barang BM murah selisih 3 juta sama yang distributor resmi. Alhamdulillah awet 6 tahun, dan rusak karena kebanjiran. Kondisi sekarang gw ga tahu tapi itu gambarannya sedekade lalu. Pusat penjualan dan perakitan komputer sendiri ada di Mangga Dua Mall, yang juga nyambung sama Dusit, Orion dan ITC. Jadi kalau mau berangkat sama ibu atau istri bisa deh istri dibawa ke ITC, kitanya ke Mangga Dua Mall. Luas banget, jangan sampe kesasar tangga ke mall lain aja ya.

Sekarang kita ke pusat penjualan dan perakitan. Di 2016 ini orang-orang sudah mulai aware dengan PC berkualitas yang (jauh) lebih mumpuni dari PC branded. Apalagi sekarang komponen komputer internalnya punya penampilan yang cantik, dulu ya, dulu yang namanya motherboard itu estetikanya kurang banget, jadi kalo ditampilin malu-maluin. Kalo mau bagus yang agak mending cuma merek Asus yang termahal. Kalau sekarang yang biasa-biasa aja internalnya kece banget kalo diliatin. Makanya banyak casing punya side window.

Balik lagi ke pusat penjualan, lokasinya ada di lantai 4 dan 5. Di sana ada toko-toko yang terkenal yang namanya Enterkomputer, Vira Jaya, Extreme Systems, Abacus, Rakitan-Online, dan Quantum. Masih banyak toko lain tapi itu yang gw pernah kunjungi. Soal kualitas sama ya, masing-masing toko sebenernya cuma titip jual dari distributor dan ambil keuntungan beberapa puluh ribu, ada juga yang ngambil gede dan akan gw jelaskan yang mana. Soal urutan murah-murahan, Vira Jaya yang paling murah. Murah jelas ada yang dikurangi dan itu adalah pelayanannya. Bisa dibilang dia 100 persen ga stock, dan karyawatinya sepertinya underpaid jadi secara penampilan ga dikasih seragam dan standar kualitas greetingnya yang paling rendah dari yang lain. Soal pembelian online, mereka ga ada kontak lain selain YM. SMS jarang dibales, kalo email gw ga pernah coba. Lo bisa coba beli di situ kalo mau buat PC yang super murah, dengan catatan: SABAR, karena barang bakal lebih lama datengnya dari toko lain. Oia, kalo menurut Vira, memory paling pasti ada itu memory Corsair, buat info aja. Oia, ini link ke http://viraindo.com/

Kedua Enterkomputer, rig gw terakhir rakitnya di sini dengan komponen kaya VGA dan memory dari toko lain. Kalo soal pelayanan dan tampilan, di sini paling OK. Harga bedanya sekitar 35rb sampe 100rb dari Vira. Tempat ini juga bisa buat konsultasi jadi seenggaknya bisa dibantuin pilih komponen yang kompatible. Rekomen lah, bengkel rakitnya juga enak buat nunggu. Cuma budget lo mesti ditambah 500rb dari budget lo kalo cek barangnya di Vira. Bandingin aja harganya, bedanya lumayan. Just info, kalo mau rakit dan cepet ngedatengin barangnya, cari aja di Enter barang-barang yang ready stock. Cepet deh jadinya. Si Enter punya sistem stock barang jadinya lebih termanage. But so far ada cara rakit yang performanya kenceng dengan barang ready di Enter ini, caranya :  dateng aja ke lapak gw

Ketiga adalah ExtremeSystems. Tempat ini tempat rakit khusus, dan setau gw si ExtremeSystems ini distronya Patriot. Gw dulu beli Radeon HD4850 tahun 2008 harganya beda 400rb sama harga pasaran.

Ketiga adalah Abacus. Toko ini toko gede yang satu-satunya buka pas hari minggu :D Gw nemuin waktu jalan-jalan nyari toko yang buka sekalian anter istri ke toko baby. Ini toko gayanya paling bebas, lo bawa list barang yang mau dibeli, nah dia bakal cariin. You can try once perhaps.

Soal Rakit-Online, temen gw rakit di sana dan harganya sama kayak Quantum (yang website Rakitan.com). Sekalian bisa rakit di sana.

Kalo Quantum komputer, ini toko pertama yang gw tau online jaman gw kuliah, dan punya simulasi perakitan. Gw ga pernah beli di sini.

Ok sekian dari gw, more exciting articles next time.