Friday, September 2, 2016

My Personal Rig (September 2016)

Hay guys,

Awalnya gw buat blog ini sebenarnya pada waktu gw lagi build rig. Nah ceritanya gw mau buat Mini PC yang muat di casing Cooler Master Elite 130. Karena Mini PC itu butuh komponen yang mini juga akhirnya gw putuskan lah pake casing 130 itu, akhirnya gw putuskan pake motherboard Mini ITX. Setelah ukur-ukur dimensi mobo, RAM, dan VGA card, mulailah gw belanja. Spesifikasi awalnya kayak gini:
CPU : Intel Core i7 6700K
Motherboard : Asus Z170i Pro Gaming yang support RAM 4266Mhz
RAM : Team Xtreem Dark DDR4 3333Mhz PC 27000 16GB, awalnya gw cari Patriot Viper 4 yang lebih murah dan lebih kenceng cuma ga ada di Mangga Dua waktu gw beli
SSD : Samsung 850 Evo 850GB 2.5 inchi, gw putuskan pake SATA waktu gw baca kalo pake yang M.2 kadang-kadang ga kedetek, jadi cari aman aja
VGA : Digital Alliance GTX 1070 Super Jetstream
PSU : Seasonic Fanless X460 460 watt Gold. Silent. Cuma available dari distributornya di Surabaya, dan gw cuma nemuin di Bukalapak tapi udah sampe dan berfungsi dengan baik.
CPU Cooler : Noctua NH-L9i

Hasilnya waktu dirakit : VGA-nya ga muat. Gw baru tau kalo VGA-nya secara panjang dan tinggi muat tapi ga cukup karena ukurannya 2.5 slot. Gw cuma bias bilang wew...

Akhirnya gw putuskan ganti casing ATX. Dan jadilah sekarang pakai Raijintek Nestor sama sekalian pakai Cooler Master 212x Turbo.

Sekarang sudah running so well dan capable buat 4.5Ghz dengan RAM di 3733Mhz CAS 17-18-18. Btw ini dia spesifikasi lengkapnya :


Bagi yang minat spesifikasi ini (and beyond/paling max buat budget lo) bisa mampir ke Custom Made PC ane di Bukalapak dan Tokopedia.

Happy gaming, happy belajar.