Wednesday, December 7, 2016

OC Log 07 Desember 2016: 4.9Ghz

Just posting i7 6700k @4.9Ghz
Using Asus Z170i Pro Gaming
Hey Kaby Lake, do you 4.9Ghz?

Tuesday, November 15, 2016

Overclocking dan Stabilitas

Overclocking dan stabilitas adalah 2 topik yang sangat bertentangan. Overclocking menaikkan frekuensi di atas spesifikasi pabrik, sedangkan stabilitas biasanya mengorbankan frekuensi di atas kecepatan. Itulah makanya prosesor server frekuensinya rendah. Katakanlah kita bisa mengoverclock 20 persen (4Ghz ke 4.8Ghz). Apakah akan stabil jika dipakai rendering? Ditambah overclock cache, overclock RAM, manakah yang tidak stabil jika keseluruhan komponen tersebut dioverclock? Lalu kenapa booting Windows lebih lama jika dilakukan overclock RAM? Jika ingin mengutamakan stabilitas, lakukan overclock prosesor saja, dan set cache di kecepatan default. Oia untuk RAM jangan dioverclock.

Thank you, see you next time.

Saturday, November 12, 2016

Tips Memilih PSU

Hai guys,

Kali ini gw bakal sharing tips memilih PSU, merek apa saja yang bagus dan PSU apa yang silent.

Merek, merek PSU yang terkenal walaupun nama-namanya ada yang ga mercayani adalah: Seasonic, Super Flower (ya namanya memang begitu), Antec, Corsair, Enermax, dan Silverstone. Corsair so far memiliki kemudahan garansi terbaik di Indonesia. Seasonic adalah merek paling laris dan terbaik soal PSU. Super Flower adalah merek terbaik (karena lebih murah dan kualitasnya selevel Seasonic), perusahaannya sendiri masih tergolong baru, mulai dikenal tahun 2009an tapi sudah ada sejak 1991. Corsair yang bagus adalah tipe CSM dan RM hanya saja harganya muahal, kualitas selevel Seasonic dan Super Flower. Enermax dan Antec juga bagus, bisa pilih model Gold ke atas. Untuk Silverstone pilih yang sudah Gold ke atas.

Untuk kapasitas, supaya efisien pilihlah yang 2x lipat dari kebutuhan agar efisien. Untuk overclock, misal CPU butuh 100watt, nah jika di OC sampai 4.8Ghz maka CPU saja akan naik sampai 200watt. Kalau SLI dan CPU di overclock, ambil PSU 1000watt karena konsumsi bakal tembus 600watt ke atas lebih, kalau VGA semacam GTX 580 nah itu boros banget tuh listriknya sampe 250an kalo dia jadi 500watt ditanbah CPU dioverclock jadi 4.8Ghz maka total 600watt, plus kipas 6x5watt, maka bagusnya pakai PSU 1200watt supaya silent. Untuk VGA tahun 2016 untuk GTX 1080 dioverclock tetap tembus 250watt sd 300watt jadi sebaiknya ambil PSU 1200watt kalau mau SLI. Just note, untuk Intel seri 6 core sampai dengan 10 core asupan listrik sebelum overclock 140watt dan kalau dioverclock akan naik 2x lipat sampai 300watt. Untuk kalau pakai 1 VGA, ambil 750watt sampai 850watt sudah cukup. Untuk CPU seperti i3 dan VGA seri GeForce 1050ti cukup ambil PSU 550watt sudah cukup supaya silent. PSU bagus kipasnya baru on waktu penggunaan listrik 50 persen dari kapasitas.

Kalau mau PSU silent jangan ambil yang fanless, ambil yang seri biasa saja yang ada kipasnya dan gunakan 50 persen dari kapasitas jadi bisa dipakai buat keperluan lain.

Oia untuk overclock dan penggunaan 1 VGA GeForce, ambil PSU 750watt, atau 850watt kalau Radeon seri 2015, Radeon seri 2016 750watt saja cukup. Kalau overclock CPU AMD ambil PSU 850watt untuk jaga-jaga, karena CPU nya boros listrik.

Gw sendiri pakai Seasonic G750, sebelumnya pakai X460fl sepertinya ga kuat jalan mepet kapasitas akhirnya kadang nyala lebih sering mati. Sekarang G750 lancar sekali dioverclock 4.79Ghz.

Ok sekian dari gw, makasih.

Saturday, November 5, 2016

Patriot DDR4 2x8GB 3400Mhz PC27200 Review

Hai guys,

Sekarang saatnya mereview memory yang super duper ciamik ini. Satu kata dari gw tentang memory ini: "WOW!"

Sebenarnya gw ga nyangka masih ada RAM yang lebih kenceng dari Team sebelumnya, kalo ada pikiran gw cuma 1: "Harus bisa tembus 4000Mhz di 1.35 volt." Nah RAM ini mmembuktikan hal ini.

Just info, PC gw diganti PSU-nya karena sepertinya rusak, ga mau nyala. Sekarang setelah diganti PSU 750 watt langsung OK. Kipas-kipas juga diganti dengan Jetflo. Kipasnya bising banget namun powerful, gw pasang 4 jadi bising abis. Udah jauh termasuknya masih kedengeran keras.

Ok ini dia hasil penampakannya:



Hasil di 1.35v (CL17-18-18-36) 4080Mhz

Hasil di 1.375v (CL-17-18-18-36) 4133Mhz

Ga kebayang bisa tembus 4000Mhz di 1.35v. Lumayan buat nurunin suhu CPU biar ga terlalu tinggi. Biasanya kalau dibetot sampai frekuensi super tinggi kayak gini, CPU otomatis bakal panas walaupun voltase normal semua.

Gimana? Masih mau memory Team? Ini lebih bagus namun seperti biasa ketersediaan barang high-end gini sangat jarang. Gw nemu dengan harga di atas harga Enter namun sangat worth it. Denger-denger DDR4 3600Mhz LPX Corsair juga kuat dibetot 100Mhz lebih tinggi. Ayo Corsair, kirimin gw biar bisa gw tes hehehe...

Ok sekian dari gw, terima kasih.

Monday, October 31, 2016

Toko Online Paling Recommended Untuk Belanja Produk Komputer

Hai guys,

Kali ini gw mau sharing tentang pengalaman gw selama berbelanja online yang gw harap berguna buat temen-temen semua. Semakin menjamur dan mudahnya berjualan membuat anak kecil sampai orang dewasa membuka tokonya masing-masing (tanda-tanda akhir zaman, banyak toko dimana-mana), akhirnya memudahkan kita mencari barang-barang yang dulu kayaknya ga ada jadi kok ada. Untuk komputer, membuat perangkat dengan spesifikasi khusus menjadi aksesible untuk semua orang.

Soal toko online, tentu saja kits nilai dari availability barang, kecepatan response, kualitas packing dan kecepatan kirim. Dengan menilai itu semua, berikut hasil penilaian gw:
1. CoCKomputer
CoCKomputer gw rasa pantas di posisi 1, terkait kepastian adanya barang. CoCKomputer dan Enterkomputer gw rasa sangat bagus dalam memanage inventorynya. Packing buble wrap dan pengiriman jam 17.30 sore menjadikannya cocok buat yang mau pesan sampai next day. Lokasi juga dekat dengan distro di Mangga Dua jadi barangnya dijamin aseli. Oia kalo mau kirim next day hari Sabtu pastiin pakai JNE ya. Btw harganya bersaing sama Enterkomputer. Merupakan seller di BL dan Toped.
2. JakartaNotebook
JakartaNotebook recommended buat yang mau cari klenak-klenik komputer. Apa aja barang-barang aneh ada aja di sini. Inventory juga sangat integrated, by system. Something yang agak ngagetin, sistem di kantornya cuma jalan di laptop. Percaya ga percaya, ada di laci meja tengahnya. Kalo sampe mesin itu juga yang online, wow luar biasa. Pengiriman cepat dan di sinilah gw kenal SiCepat. Berhubung sudah online, inventorynya realtime, kita bisa lihat stoknya. Harga juga bergerak trus sudah kayak pasar saham. Packing kardus.
3. Michael Carrick (boysandy)
Kalo ini adalah penjual yang memakai nama pemain bola. Bagusnya dia menjual dengan harga wajar. Cepat. Komunikatif dan packing kayu. Mungkin karena waktu itu dia kirim VGA card jadi dikayuin ya.
4. Julyaugustashop
Nah kalo ini penjual berbasis di Harco Mangga Dua. Kecepatan response cepat. Packing bagus. Jarang-jarang ada yang available memory Patriot 3400Mhz lho. Sayangnya harganya masih lumayan tinggi, ga se-Enter. Packing aman.

Kayaknya itu dulu, capek juga ngetiknya. Masih banyak lagi. See you next time.

Sunday, October 30, 2016

Pilih Tiki, JNE, Kantor Pos, SiCepat atau J&T Ya?

Hai guys,

Gw yakin siapapun yang pertama kali mau kirim barang pasti bingung pilih yang mana, kecuali memang kalau di daerahnya ga ada pilihan lain selain Pak Pos hehehe... Dulu Pos ga ada saingannya, sekarang kalah sama JNE dan Tiki. Kebayang ga sih, lebaran sistem JNE sampe overload, di saat Kantor Pos sekarang malah jadi loket pembayaran listrik dan tagihan, core business-nya sampe dikesampingkan gitu ckckck... Yah memang kenyataannya pelayanannya jauh banget. Yo wes, ini dia pengalaman gw.

1. JNE
Yup, ini pilihan pertama gw untuk pengiriman. Pendek kata: Ga pernah mengecewakan. Urutan teratas untuk kirim di Jakarta dan ke Jakarta. Kayaknya satu-satunya yg ngetok malem-malem buat kirim barang hahaha... Tapi beneran sampe besoknya buat YES.

2. Kantor Pos
Kantor Pos urutan nomor 2. Harganya baru naik disamain denga JNE. Kayaknya satu kata ya, naik satu naik semua. Oia buat yang belum tahu, Pos Kilat Khusus itu ga same day lho ya, mending pilih Same Day tapi you know lah harganya melebihi JNE YES. Se-Jakarta 20 ribu saat JNE YES 18 ribu. Kebetulan yang gw kirim segede amplop. Minggu Kantor Pos agennya tutup bro, yang buka se-Jabodetabek cuma kantor utama aja jadi menempatkan dia di posisi 2.

3. Tiki
Tiki itu segrup sama JNE, yang punya kayaknya konglomerasi dia dia doang. Mungkin dipisah buat berkompetisi. Pengalaman gw kalau Tiki ga akan kirim hari Minggu. Gw pesen barang hari Sabtu pakai ONS, ditrackingnya sudah dikirim jam 17.21 tapi sampe Minggu ga ada kabar. Barang lain pakai JNE YES pesen dari lokasi yang sama sampe jam 16.00. Dulu pas Senin baru sampe. Ternyata ONS tetep ga ngirim hari Minggu.

4. SiCepat
Gw kenal SiCepat waktu nyobain JakartaNotebook, toko yang isinya barang aneh-aneh. Gw heran juga sih, sering liat barang-barang itu di Ebay, kok bisa ya mereka juga sama atau lebih murah dari Ebay punya. Kalo impor dari Hongkong atau Shenzen jatuh-jatuhnya mahal banget lho. Btw SiCepat memang masih baru, tapi untuk pengirimannya masih OK lah. Gw baru sekali pakai.

5. J&T
Kebetulan gw pernah pesen barang, yang kirim bilangnya pakai JNE tapi somehow dia kirim pakai J&T. Gw kira ga dikirim. Ini lucu nih, J&T kirim di dalamnya ada tanda terima Tiki. Gw pernah liat mobilnya di tol. Ga banyak yang bisa gw kasih komentas soal SiCepat karena di sekitar rumah ga ada.

Ok, sekian pengalam gw. Thank you.

Patriot Viper 4 3400Mhz PC27200 2x8GB Hands-On (Plus Cooler Master Jetflo 120)

Hai guys,

Kali ini gw kedatangan memory Patriot Viper 4 DDR4 2x8GB 3400Mhz PC27200. Memory ini adalah seri DDR4 dari Patriot terkencang yang masuk Indonesia, sebelumnya gw mengincar merek Corsair kecepatan 3600Mhz buat menggantikan RAM Team gw yg dilego (Thank you Raditya!) namun seperti biasa berhubung kosong di distributor Corsair akhirnya gw gantikan dengan ini. Ya, Corsair memasukkan seri Vengeance LPX 3600Mhz ke Indonesia, bagi yang ga mau utak-atik dan pengen RAM kencang yang muat segala jenis cooler segede apapun, ambil si LPX series karena Low Profile.

Balik lagi, singkat cerita Patriot ini adalah memory yg dulunya gw cari karena harganya murah di Enterkomputer dan Viraindo, namun karena ga available akhirnya gw beralih ke Team. Seperti ya semua RAM high end sudah dibeli toko-toko online dan dijual dengan harga yang selisih 400rb-an dari harga di Enterkomputer. Jadi bagi yang mau buat PC, please lebihin 400rb di tiap komponen lo karena di Indonesia semua barang jatahnya dikiiit banget. Harga RAM ini di Enter bulan Agustus sekitar 1.3jt, sedangkan dj BL/Toped sekitar 1.7jt. Gw dpt harga 1.6jt.

Btw ini dia barangnya:

RAM ini punya kemasan yang menurut gw sangat biasa saja dibandingkan dengan Team yang terkesan mewah. Berhubung RAM ini katanya menggunakan IC Samsung B-Die kita lihat nanti gimana performa maksimalnya.

Oia gw juga kedatangan fan, yang super kencang yaitu Cooler Master Jetflo 120. Fan ini gw akan pasang sebagai pemanis casing di intake sama exhaust, menolong Cryorig R1 Universal. Katanya fan ini lebih kencang dari Noctua lho.

Btw ini dia penampakannya:

Ok sekian dari gw. Nantikan full reviewnya.


Saturday, October 22, 2016

Intel Skylake Basic Overclocking From Amateur For Amateur (Indonesia)

Hai guys,

Jadi ini kesimpulan gw habis OC 3 bulanan:

  1. Overclocking CPU itu aman, kalau bisa gunakan software bawaan motherboard sehingga kalau diset over hanya akan hang di Windows aja ga sampe gagal POST. Jangan utak-atik kecepatan memory kalau mau aman, gunakan default yg sesuai untuk memory kita.
  2. Menaikkan voltase CPU dikit aja (awalnya juga cuma 1.25v) akan menaikkan konsumsi listrik cukup besar untuk Core i7. 4.8Ghz memakan sekitar 130watt. Kalau yg pengen belajar OC mending sekalian aja naik ke platform 2011v3 karena ujung-ujungnya habisnya sama aja untuk cooler. Paling terasa habis di biaya RAM karena mesti 4 keping jd mahal (biarpun bisa juga pakai 1 keping)
  3. Overclocking CPU, cache CPU dan RAM berbarengan akan menaikkan suhu CPU secara signifikan, cooler sebagus apapun akan keok kalau 3 poin itu di OC barengan. CPU 4.8Ghz, cache 4.8Ghz, RAM 4.133Ghz, dan pasti voltasenya dinaikkan semua jd 1.4v. Wow suhu ruangan saya naik 5 derajat rasanya, hasilnya ga stabil. Tapi seru makin lama skornya naik.
  4. Yg terakhir, yg akan bikin OC-an lo ga tinggi, kalo di OC di ruangan non AC, 2 jam hang. Sangking panasnya. Kalo ber AC bisa turun 10 derajat kali ya.
  5. Oia, pasang fan sama cooler yg 1jt-an buat jaminan nyentuh 4.8Ghz.
  6. Berdoa dapat chip bagus. Karena ga semua chip kualitasnya sama.
Sekian dari gw, ditunggu komennya. Makasih.

Friday, October 21, 2016

OC Log 22 Oktober 2016 : i7 6700K 4.8Ghz DDR4 4133Mhz

Hai guys,

Kali ini gw akan sharing hasil OC gw. Berhubung kerjaan gw sangat sibuk di kantor dan baby gw lagi lucu-lucunya (yes, I am just having a baby boy), aktivitas blogging gw jadi sangat berkurang. Dan karena blog ini jadi tempat gw mencatat hobi gw, kali ini gw bakal sharing lanjutan OC gw sebelumnya.

Singkat cerita, komputer di kantor adalah komputer kantor (ya iya dong, masak pake komputer sendiri, rugi dong), dan komputer di rumah jadi penyaluran hobi. Kalo kita jarang pakai, maka pada waktu pakai maksimalkan, toh just info aja: komputer itu awet, ga perlu kuatir selama VGA ga di OC dan PSU ga kembung/konslet.

Soal OC, as you know, rig gw i7 Skylake, dan berkaca dari OC gw jaman tahun 2008-2009, OC itu aman. Bedanya gw udah punya CPU yang unlocked. Jadi ya setelah trial and error berkali-kali, akhirnya gw catat settingan ini:
Ya, gw ga OC dari BIOS. So far OC pakai Asus AI Tuner bawaan motherboard sangat excellent. Hasilnya ini dia:
Yang gw liat di sini:
  1. Kecepatan memory yang super tinggi harus ditunjang kecepatan cache CPU yang lebih kencang lagi. Menaikkan cache baru bisa menaikkan secara optimal. Sehingga DDR4 4133Mhz memiliki kecepatan sampai 2.25x dari DDR4 2133Mhz.
  2. Kenaikan frekuensi CPU sebesar 20 persen baru linear jika CPU ga throttling sama sekali, dan kalo kondisinya kaya gw yang non AC, suhu ruangan di Cibubur, ga akan naik sampai segitu, so far gw cek kenaikan frekuensi 20 persen, performance naik 14 persen. Mungkin berbeda kalau ruangan ber AC seperti di kantor gw yang bikin menggigil.
  3. Sekali lagi suhu, suhu, suhu mesti rendah agar tidak throttling. Skor Cinebench R15 gw sepertinya agak rendah karena throttling.
Sekian dari gw, barangkali ada yang mau komentar? Monggo.

Sunday, October 16, 2016

Sunday, October 2, 2016

Noctua vs Cooler Master 120mm Fan

Hai guys,

Kali ini gw mau sharing seputar fan. Jadi Sabtu kemarin gw ganti casing dan CPU Cooler, dan fan cooler yang lama dijadikan case fan. Di casing yang baru gw pasang fan Noctua redux 120mm dan fan Cooler Master Blademaster 120mm sebagai intake fan. Di situ gw rasakan hembusan Noctua jauh di bawah Cooler Master. Soal suara juga sama aja, intake dibalik dust filter senyap-senyap aja dan yang pasti beda hembusannya jauh sekali. Secara spesifikasi, si Cooler Master ini memang jauh di atas Noctua. Jadi Cooler Master fan family ini boleh menjadi pilihan alternatif di luar Noctua. Kenceng suer bedanya. Barangkali Noctua yang non redux lebih baik. But who knows? Barangkali ada yg mau kirim ke gw untuk dibandingkan.

Anyway, feel free to comment ya. Berhubung sekarang gw pake casing tanpa window, antara CM sama Noctua beda warna ga ada masalah kosmetik tp tahun depan gw pengen coba pakai Cooler Master Jetflo 120. Mudah-mudahan ga bising.

Sunday, September 11, 2016

Tips Membuat Komputer High End Harga Murah

Hai guys,

Bagi temen-temen yang pengen membeli komputer dengan budget terbatas, ga perlu keluar banyak. Kita bisa cari part bekas dengan spesifikasi tertentu. Dengan cara ini kita bisa konsen ke part yang lebih penting dan ga ngorbanin prosesornya.
OK, kita mulai:

  1. Saving dimulai dengan mencari prosesor seken. Akhir akhir ini banyak CPU kantoran bekas dengan CPU Intel Core i5 2500. Ambil dengan RAM 4GB dan casing mid tower (yang bisa muat VGA card besar). Dengan cara ini kita ga perlu keluar lagi untuk beli casing.
  2. Kemudian beli SSD. Ganti HDD dengan SSD. HDD lama jadikan secondary.
  3. Ganti PSU kalau kamu pakai VGA card level GTX 1060 3GB. Ambil yang 400 watt silver.
  4. Kemudian pasang VGA card baru. Kalau memakai GTX 750 Ti kita ga perlu ganti PSU.
  5. Bagi yang mau pakai VGA card yg lebih high end lagi, sesuaikan PSU-nya. Dengan cara ini kita bisa main dengan spek ultra di 1080p dengan budget 7-8 juta. Kalau somehow mau pasang GTX 1070 paling keluar 11jt dan performanya bisa keluar 80-90 persen. Sangat worth it.
Mudah-mudahan postingan kali ini bisa untuk pertimbangan kita next time kalau mau build komputer. Siapa tau ada yang mau ngasih hadiah ke adiknya. Dengan spek spt ini siapa tidak happy?

See you next time.

Saturday, September 10, 2016

Komputer Kamu Lambat? Mau Upgrade Budget Terbatas? Ini Solusinya

Hai guys,

Kali ini gw akan sharing seputar tips agar kita nyaman menggunakan komputer untuk melakukan apapun.
Ini di saran gw:

  1. Scan dengan antivirus, bersihkan semua virus dan malware. Kemudian uninstall antivirus. Antivirus di PC lambat akan menambah beban dengan signifikan waktu daily scan. Ane sendiri ga pake antivirus.
  2. Install ulang. Berguna untuk ngebalikin ke kondisi fresh. Buat komputer-komputer yg banyak junknya paling enak diinstall ulang. Jangan lupa backup data-datamu. Dengan cara ini ga perlu keluar sepeserpun.
  3. Ganti HDD lo dengan SSD. Berhubung SSD sudah jadi 1jt an untuk 250GB, lo bisa pertimbangin ini buat pilihan. HDD lama pakai buat menaruh dokumen dan foto-foto saja. Program install di SSD. Penggantian menjadi SSD akan membuat komputer menjadi jauuuuuuuuuuh lebih kencang.
  4. Cek RAM, berapa besarnya? Kalau 2GB sudah dipastikan agan perlu upgrade. Minimal sekarang butuh 4GB, 8GB supaya nyaman. Upgrade RAM jika disandingkan dengan SSD akan menambah kecepatan loading program menjadi cepat sekali.
  5. Untuk gamer yang PC-nya lambat pas ngegame... bisa dengan upgrade VGA card. Pastikan semua poin di atas sudah dipenuhi. Bagi yg CPU-nya masih keluaran 2009-an, kalau menggunakan GTX 1060 mungkin akan merasakan fps nya rendah sekali. Untuk meminimalisasi bottleneck, set kualitas agak tinggi supaya tidak terlalu terasa. Kalau sampai tahap ini, kemudian lo ganti CPU, fps nya akan naik bisa sampai 4x lipat.
Oke gw rasa cukup, next article adalah tips rakit komputer high end modal murah.

Team Xtreem Dark Pro DDR4 3333Mhz PC27000 Review: The 4000Mhz Monster!

Hai guys,

Kali ini gw mau sharing pengalaman gw lagi. Kali ini tentang overclocking, lebih spesifiknya adalah overclocking RAM.
Gw akan sedikit cerita tentang arsitektur komputer pada umumnya. RAM adalah singkatan dari Random Access Memory, yaitu memory operasional sebuah komputer sesudah CPU cache. CPU cache sendiri adalah memory utama perantara antara CPU register dan RAM, fungsinya menampung data-data yang sering diakses, sehingga tidak perlu terlalu sering mengakses RAM, yang kecepatannya jauh dibawah kecepatan CPU.
Berikut beberapa keuntungan menggunakan RAM kencang
  1. Eksekusi aplikasi yang membutuhkan proses data besar akan ter-boost. Kecepatan RAM menjadi factor penting pada proses encoding video yang menggunakan CPU. Karena sebagian besar proses encoding diproses oleh CPU daripada GPU.
  2. Contoh kedua adalah Word, Excel, Powerpoint, dan aplikasi untuk bisnis lainnya. Belum pernah kan menginsert 1 row di Excel di tengah-tengah 100 ribu data yang terdiri dari puluhan kolom lainnya yang tiap kolom formulanya dihitung secara dinamis? Nah, RAM kencang berguna untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut dengan cepat.
Back to main topic, jujur sebenarnya gw agak kaget dengan hasil ini karena gw menemukan 2 referensi dengan hasil yang ga terlalu menarik untuk RAM ini, yaitu berdasarkan review dari Tweaktown dan JagatOC yang hanya bisa meng-overclock RAM Team Xtreem Dark Pro DDR4 3333Mhz masing-masing sampai 3466Mhz dan 3733Mhz sehingga awalnya gw set mengikuti settingan dari JagatOC saja.
Kemudian hari ini gw dapati RAM ini dapat achieve sampai dengan 4Ghz, setting XMP di 1.37 volt di motherboard Asus Z170i Pro Gaming. Wow!
Berikut foto kemasan dari RAM Team ini:

Memory terinstall di PC, 1 keping lagi berada di bawah Cooler Master 212x Turbo:
Dan berikut hasil benchmark AIDA64:

Selanjutnya adalah hasil benchmark Geekbench 4 (klik untuk memperbesar)

Sekian dari saya, semoga temen-temen bisa memilih RAM terbaik yang diinginkan.

Update 30-10-2016: Frekuensi maksimal yg mampu diraih kit ini adalah 4133Mhz CL 18-18-18-39. Bandwidth yg dihasilkan sudah melebihi platform X99 dengan DDR4 2133Mhz Quad Channel, dengan catatan Cache Frekuensi CPU di 4800Mhz.

Wednesday, September 7, 2016

Launching Laptop dengan VGA Card Geforce 10 Series Mobile

Hai guys,

Mungkin lo agak heran kenapa gw posting berita agak lama ini, anyway gw tetep akan sharing berhubung barangnya juga belum masuk Indonesia.
Geforce 10 series merupakan seri terbaru NVIDIA di 2016 ini yang menggunakan arsitektur terbaru mereka yang berjudul Pascal. Pascal merupakan arsitektur yang memiliki keunggulan sebagai berikut:
  1. Penggunaan daya listrik di seluruh line up series lebih rendah dari seluruh NVIDIA GTX versi 9xx, dimana GTX 1060 hanya membutuhkan pasokan daya 120 watt, artinya agan-agan hanya perlu PSU 400 watt Gold. Gw sendiri pakai GTX 1070 dengan PSU 460 watt Gold dan running just fine, GTX 1070 hanya perlu daya 150 watt, dan GTX 1080 hanya perlu 180 watt. Artinya pada waktu PLN menaikkan biaya meteran listrik, kita turunkan konsumsi listrik jadi even.
  2. Seri terendah dari GTX 10 ini memiliki performa lebih kencang dari GTX 980. Cukup agan-agan tahu, GTX 1060 performa lebih kencang dari GTX 980 sedangkan GTX 1070 masih lebih kencang dari Titan X dengan arsitektur Maxwell. What a great jump! Artinya apa? Artinya kita jika menggunakan GTX 1060 bisa main di resolusi 1080p Ultra dengan garansi 60 fps dan untuk GTX 1070 kita bisa main di resolusi 1440p Ultra dengan garansi 60 fps (atau 4k dengan performa sekitar 30-40 fps dari pengalaman gw) semua dengan budget setengah dari tahun 2015. Agan-agan akan bisa merasakan bedanya bagusnya main di resolusi tinggi yang smooth, beda lho tampilan di layar kalau pakai resolusi super tinggi.
Ok, sekilas tentang launching Pascal. Ga berapa lama sebelum GTX 1060 launching, AMD juga merilis Radeon RX 480 yang 10 persen lebih rendah performanya, dan dengan harga yang masuk di 3.2 Juta Rupiah untuk seri 4GB-nya. Sayangnya asupan daya dari seri Radeon RX 480 8GB ini memakan 180 watt, lebih tinggi dari GTX 1060 yang 6GB yang butuh 120 watt.

Balik lagi ke launching versi mobile dari Geforce 10 series, mari kita simak launching MSI GTX 10 series gaming notebook dari Blunty:
Blunty ini Youtuber yang gw sukai karena penjelasannya lebih membumi dan yang paling penting dia bahas tentang fotografi. Anyway, GTX 10 series mobile ini punya fitur sebagai berikut:
  1. Tidak ada pemotongan jumlah core GPU, malah nambah. GTX 1070 versi desktop memiliki 1920 core, di mobilenya 2048 core. Itu untuk menutupi penurunan clock speed. Untuk GTX 1060 spesifikasinya sama dengan desktop.
  2. VR ready karena performanya setara versi desktop.
Kabar buruknya, harganya seperti biasa, 15-20 juta lebih mahal daripada build rig desktop sendiri :'(
Jadi laptop-laptop tersebut diperuntukkan untuk yang berkantong teballl sekali.

Sekian perjumpaan kita, see you on the next article.

NVIDIA Geforce 10 Series Notebook Product Page
MSI GTX 10 Series Product Page

Tuesday, September 6, 2016

Spesifikasi Komputer Terbaik 07 September 2016

Hai guys,

Hari ini gw mau sharing pemikiran gw tentang spesifikasi terbaik under 9 Juta.
Gw nemu spesifikasi bagus dengan barang ready stock hari ini.
Motherboard sudah Z170.

Singkat cerita ini dia spesifikasinya:
CPU : Intel Core i3-6100 3.7Ghz - Cache 3MB
Motherboard : Colorful C.B150M-K Plus V20
HDD : WDC 1TB SATA3 64MB - Black Ver.2 - WD1003FZEX
RAM : GEIL DDR4 DRAGON RAM - 10 Layer PCB - PC19200 Dual Channel 8GB (2x4GB) 16-16-16-36
VGA : Zotac GeForce GTX 1060 3GB DDR5
Casing : Raijintek Arcadia - Black - with Dust Filter
PSU : Corsair VS Series 450W - 80 Plus

Sekian, soal barangnya bisa mampir ke lapak gw.

Terima kasih

Monday, September 5, 2016

Pengalaman Berbelanja Komputer di Mangga Dua

Hai guys,

Gw mau sharing soal pengalaman belanja gw di Mangga Dua dalam 10 tahun ini (sejak 2006). Mangga Dua yang akan gw bahas adalah pengalaman belanja laptop, sama pengalaman rakit komputer, termasuk beberapa sejarah belanja di luar Mangga Dua.

Oke kita mulai bahas apa itu Mangga Dua. Mangga Dua merupakan suatu daerah di kawasan keluar Ancol dari tol dalam kota. Mangga Dua yang merupakan pusat komputer ada di Mangga Dua Mall dan terpusat di  Lt.4 dan Lt.5. Orion dan Dusit secara lingkungan lebih ke penjualan elektronik secara umum, gw pribadi beli laptop tahun 2006 di Dusit dan dapat barang BM murah selisih 3 juta sama yang distributor resmi. Alhamdulillah awet 6 tahun, dan rusak karena kebanjiran. Kondisi sekarang gw ga tahu tapi itu gambarannya sedekade lalu. Pusat penjualan dan perakitan komputer sendiri ada di Mangga Dua Mall, yang juga nyambung sama Dusit, Orion dan ITC. Jadi kalau mau berangkat sama ibu atau istri bisa deh istri dibawa ke ITC, kitanya ke Mangga Dua Mall. Luas banget, jangan sampe kesasar tangga ke mall lain aja ya.

Sekarang kita ke pusat penjualan dan perakitan. Di 2016 ini orang-orang sudah mulai aware dengan PC berkualitas yang (jauh) lebih mumpuni dari PC branded. Apalagi sekarang komponen komputer internalnya punya penampilan yang cantik, dulu ya, dulu yang namanya motherboard itu estetikanya kurang banget, jadi kalo ditampilin malu-maluin. Kalo mau bagus yang agak mending cuma merek Asus yang termahal. Kalau sekarang yang biasa-biasa aja internalnya kece banget kalo diliatin. Makanya banyak casing punya side window.

Balik lagi ke pusat penjualan, lokasinya ada di lantai 4 dan 5. Di sana ada toko-toko yang terkenal yang namanya Enterkomputer, Vira Jaya, Extreme Systems, Abacus, Rakitan-Online, dan Quantum. Masih banyak toko lain tapi itu yang gw pernah kunjungi. Soal kualitas sama ya, masing-masing toko sebenernya cuma titip jual dari distributor dan ambil keuntungan beberapa puluh ribu, ada juga yang ngambil gede dan akan gw jelaskan yang mana. Soal urutan murah-murahan, Vira Jaya yang paling murah. Murah jelas ada yang dikurangi dan itu adalah pelayanannya. Bisa dibilang dia 100 persen ga stock, dan karyawatinya sepertinya underpaid jadi secara penampilan ga dikasih seragam dan standar kualitas greetingnya yang paling rendah dari yang lain. Soal pembelian online, mereka ga ada kontak lain selain YM. SMS jarang dibales, kalo email gw ga pernah coba. Lo bisa coba beli di situ kalo mau buat PC yang super murah, dengan catatan: SABAR, karena barang bakal lebih lama datengnya dari toko lain. Oia, kalo menurut Vira, memory paling pasti ada itu memory Corsair, buat info aja. Oia, ini link ke http://viraindo.com/

Kedua Enterkomputer, rig gw terakhir rakitnya di sini dengan komponen kaya VGA dan memory dari toko lain. Kalo soal pelayanan dan tampilan, di sini paling OK. Harga bedanya sekitar 35rb sampe 100rb dari Vira. Tempat ini juga bisa buat konsultasi jadi seenggaknya bisa dibantuin pilih komponen yang kompatible. Rekomen lah, bengkel rakitnya juga enak buat nunggu. Cuma budget lo mesti ditambah 500rb dari budget lo kalo cek barangnya di Vira. Bandingin aja harganya, bedanya lumayan. Just info, kalo mau rakit dan cepet ngedatengin barangnya, cari aja di Enter barang-barang yang ready stock. Cepet deh jadinya. Si Enter punya sistem stock barang jadinya lebih termanage. But so far ada cara rakit yang performanya kenceng dengan barang ready di Enter ini, caranya :  dateng aja ke lapak gw

Ketiga adalah ExtremeSystems. Tempat ini tempat rakit khusus, dan setau gw si ExtremeSystems ini distronya Patriot. Gw dulu beli Radeon HD4850 tahun 2008 harganya beda 400rb sama harga pasaran.

Ketiga adalah Abacus. Toko ini toko gede yang satu-satunya buka pas hari minggu :D Gw nemuin waktu jalan-jalan nyari toko yang buka sekalian anter istri ke toko baby. Ini toko gayanya paling bebas, lo bawa list barang yang mau dibeli, nah dia bakal cariin. You can try once perhaps.

Soal Rakit-Online, temen gw rakit di sana dan harganya sama kayak Quantum (yang website Rakitan.com). Sekalian bisa rakit di sana.

Kalo Quantum komputer, ini toko pertama yang gw tau online jaman gw kuliah, dan punya simulasi perakitan. Gw ga pernah beli di sini.

Ok sekian dari gw, more exciting articles next time.

Friday, September 2, 2016

My Personal Rig (September 2016)

Hay guys,

Awalnya gw buat blog ini sebenarnya pada waktu gw lagi build rig. Nah ceritanya gw mau buat Mini PC yang muat di casing Cooler Master Elite 130. Karena Mini PC itu butuh komponen yang mini juga akhirnya gw putuskan lah pake casing 130 itu, akhirnya gw putuskan pake motherboard Mini ITX. Setelah ukur-ukur dimensi mobo, RAM, dan VGA card, mulailah gw belanja. Spesifikasi awalnya kayak gini:
CPU : Intel Core i7 6700K
Motherboard : Asus Z170i Pro Gaming yang support RAM 4266Mhz
RAM : Team Xtreem Dark DDR4 3333Mhz PC 27000 16GB, awalnya gw cari Patriot Viper 4 yang lebih murah dan lebih kenceng cuma ga ada di Mangga Dua waktu gw beli
SSD : Samsung 850 Evo 850GB 2.5 inchi, gw putuskan pake SATA waktu gw baca kalo pake yang M.2 kadang-kadang ga kedetek, jadi cari aman aja
VGA : Digital Alliance GTX 1070 Super Jetstream
PSU : Seasonic Fanless X460 460 watt Gold. Silent. Cuma available dari distributornya di Surabaya, dan gw cuma nemuin di Bukalapak tapi udah sampe dan berfungsi dengan baik.
CPU Cooler : Noctua NH-L9i

Hasilnya waktu dirakit : VGA-nya ga muat. Gw baru tau kalo VGA-nya secara panjang dan tinggi muat tapi ga cukup karena ukurannya 2.5 slot. Gw cuma bias bilang wew...

Akhirnya gw putuskan ganti casing ATX. Dan jadilah sekarang pakai Raijintek Nestor sama sekalian pakai Cooler Master 212x Turbo.

Sekarang sudah running so well dan capable buat 4.5Ghz dengan RAM di 3733Mhz CAS 17-18-18. Btw ini dia spesifikasi lengkapnya :


Bagi yang minat spesifikasi ini (and beyond/paling max buat budget lo) bisa mampir ke Custom Made PC ane di Bukalapak dan Tokopedia.

Happy gaming, happy belajar.

Spesifikasi PC Rakitan Terbaik Budget 24 Juta (September 2016)

Hai Guys,

Gw bakal sharing spesifikasi PC yang paling bagus dengan budget 24 juta Rupiah, nah ini dia spesifikasinya:
CPU : Intel Core i7-6700K 4.0Ghz Up To 4.2Ghz - Cache 8MB
Motherboard : Asus Z170I Pro-Gaming
SSD : Samsung SSD 850 EVO 500GB
RAM : Team Dark Pro DDR4 PC27000 3333Mhz Dual Channel 16GB
VGA : Digital Alliance GeForce GTX 1080 Jetstream
Casing : SEGOTEP SG-K7
PSU : be quiet! PURE POWER 9 600W CM - Modular - 80 Silver
CPU Cooler : Cooler Master HYPER 212X TURBO

Oia, kenapa gw selalu lebihin budgetnya dari hitungan manual? Karena sudah termasuk ongkos transport, ongkos kirim, ongkos tidak terduga, ongkos pasang, dll.

Spesifikasi ini bisa main game dengan spesifikasi Ultra di resolusi 4k no AA

Btw ngomong-ngomong tentang casingnya, casingnya keren lho:



PC Rakitan Spesifikasi Terbaik untuk Budget 13 Juta Rupiah (September 2016)

Hai Guys,

Gw bakal sharing-sharing seputar spesifikasi PC rakitan terbaik menurut gw untuk 2016 ini. Spesifikasinya sendiri adalah sebagai berikut :
CPU : Intel Core i5-6600 3.3Ghz - Cache 6MB [Box] Socket LGA 1151
Motherboard : MSI Z170A PRO (LGA1151, Z170A, DDR4)
SSD : Samsung SSD 850 EVO M.2 SATA 250GB
RAM : Team Dark Pro DDR4 PC25600 3200Mhz Dual Channel 8GB (2x4GB) 16-16-16-36
VGA : Digital Alliance GeForce GTX 1060 Dual
Casing : Raijintek NESTOR White
PSU : be quiet! SYSTEM POWER 8 500W
CPU Cooler : Noctua NH-L9I Mini itx Intel CPU COOLER 1156/ 1155

Baik casing dan CPU cooler bisa diganti sesuai kebutuhan.
Dengan spesifikasi ini lo bakal dapat 60 fps ultra di 1080p no AA.

Happy build!